Tuesday, March 15, 2016

Pasoa dan Sang Pemberani dibuat Studio Animasi Sekelas Hollywood di Kudus

Studio animasi bertaraf internasional dibangun di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Hebatnya lagi, peralatan canggih di studio tersebut pun dijalankan oleh siswa SMK Raden Umar Said jurusan animasi.

Di ruangan utama yang cukup luas, berjajar komputer, tablet grafis, hingga printer 3D untuk pengerjaan animasi dari pembuatan karakter dalam bentuk animasi hingga bisa bergerak bahkan diberi spesial efek.

Proses produksi dimulai di lantai dua yaitu desain karakter yang digambar manual menggunakan tangan dan juga story board berupa gambar per panel yang menunjukan adegan gerakan yang akan dibuat bentuk animasi.

Turun ke lantai bawah atau ruang utama, ada drawing studio untuk menggambar story board dalam komputer menggunakan tablet grafis. Kemudian production studio tempat mengubah karakter menjadi animasi hingga bergerak menggunakan software Autodesk Maya, seperti yang digunakan untuk pembuatan film animasi terkenal Big Hero 6.

"Awalnya suka lihat animasi, terus cita-cita memang jadi animator. Ini enggak susah, karena memang suka," kata siswa kelas X Animasi itu.

Studio canggih tentu harus didukung sumber data manusia yang mumpuni, dalam hal ini pengajar. Ada 6 guru untuk melatih para siswa SMK Raden Umar Said, dan 5 di antaranya sudah bersertifikasi internaisonal, Autodesk. Sertifikasi itu di Indonesia hanya dimiliki oleh 12 orang.

Tidak tanggung-tanggung, pengajar yang berpengalaman di Walt Disney Animation Studio juga didatangkan. Dia adalah Woody Woodman yang ikut membuat animasi Mulan (1998), Tarzan (1999), dan Brother Bear (2003). Studio Animasi Sekelas Hollywood Ada di Kudus!

Dibuat oleh para siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, Pasoa dan Sang Pemberani bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa yang berwujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia. Dia hadir untuk melindungi kekayaan khayati di Indonesia. Film ini memiliki pesan bahwa semua orang harus menjaga kekayaan alam Indonesia sekaligus memperkenalkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia. Sementara soundtrack dari film animasi ini dilantunkan oleh Isyana Sarasvati.

Pembuatan anime itu sendiri, dilakukan di studio yang dibangun di SMK RUS. Studio yang diberi nama RUS Studio Animation itu untuk mendukung kurikulum kejuruan animasi yang ada di sana. Studio tersebut berdiri juga karena didukung Djarum Foundation dan Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC).

”Studio ini mampu mengerjakan seluruh rangkaian proses pembuatan film animasi 3D. Mulai daripembuatan naskah, storyboard, dan desain karakter,” papar Serad.

Dia melanjutkan, setelah persiapan selesai dilakukan, maka dilanjutkan dengan tahap produksi. Mulai pembuatan model karakter, tekstur, gerakan, hingga efek visual dan pencahayaan. SMK Bisa! Inilah Pasoa dan Sang Pemberani

“Pasoa dan Sang Pemberani” bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa yang berwujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia. Dia dan Amet Mude, seorang tokoh pemberani dari Kalimantan hadir untuk melindungi kekayaan hayati di Indonesia.

Pembuatan hingga produksi dilakukan di RUS Animation Studio yang berada di SMK Raden Umar Said (RUS), Kudus yang pembangunannya hasil kerja sama Djarum Foundation, Autodesk, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation. SMK Raden Umar Said juga telah memiliki kurikulum kejuruan animasi yang dikembangkan untuk pembuatan film animasi 3D.

Kepala Sekolah SMK Umar Said, Kudus, Fariddudin mengatakan, film "Pasoa dan Sang Pemberani" diproduksi oleh 26 siswa. Mereka dibantu empat orang guru pendamping, serta guru desain komunikasi visual.

"Software yang digunakan yaitu Autodesk Maya, seperti yang dignakan untuk membuat film animasi terkenal Big Hero 6 dan Good Dinosaur," ujar Fariduddin.

Tidak hanya didukung studio dan software, program kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said juga didukung paktisi yang dikenal dalam industri animasi, salah satunya pengajar yang berpengalaman di Walt Disney Animation Studio, yaitu Woody Woodman yang ikut membuat animasi Mulan (1998), Tarzan (1999), dan Brother Bear (2003). Film Animasi 3D Karya Pelajar SMK Akan Tayang di Layar Kaca

~ Jasa View Youtube Traffic Youtube
Post a Comment